PSIM bakal tinggalkan pola lama

JOGJA—PSIM dipastikan bakal meninggalkan pola lama 3-5-2 di kompetisi Pro-2 musim depan. Pola baku yang selama ini telah digunakan skuat Laskar Mataram itu bakal diganti dengan 4-4-2.

Dengan menggunakan pola yang lebih modern itu, diharapkan target promosi ke Pro-1 di kompetisi 2012 mendatang akan mudah dicapai.

Di kompetisi Liga Joss Indonesia 2009/2010, lalu PSIM berhasil menempatkan diri berada di posisi tengah klasemen dengan menggunakan pola 3-5-2. Pola yang sama juga berhasil mengantar tim kebanggaan warga kota gudeg itu berada di peringkat atas klasemen di musim lalu.

Direktur Teknik PT PSIM, Dwi Irianto mengatakan perubahan pola 3-5-2 ke pola yang memiliki keseimbangan antara menyerang dan bertahan itu, selain untuk mengejar target promosi ke Pro-1, juga disebabkan adanya kemungkinan perubahan pola yang bakal diterapkan pelatih kepala musim depan.

“Rata-rata saat ini memang sudah menggunakan pola 4-4-2. Dan kami akan coba terapkan di musim depan. Kalau memang pemain yang ada bisa menggunakan pola tersebut tentu akan lebih maksimal nanti hasilnya,” katanya, Kamis (15/9).

Untuk merealisasikan rencana itu, manajemen serta jajaran pelatih PSIM kini terus mencoba melihat kemampuan pemain menyesuaikan perubahan tersebut. Dwi mengungkapkan pihaknya juga tidak akan memaksakan perubahan pola jika memang karakter pemain yang ada tidak bisa menggunakan pola 4-4-2.

“Kalau kami rombak total pemain jelas enggak bisa. Makanya kami akan lihat dan sesuai dengan karakter bermain para pemain yang ada,” sambungnya.

Adapun Pelatih PSIM, Maman Durachman menyambut positif keinginan dari sejumlah pihak mengenai rencana perubahan pola itu. Selain akan menyesuaikan karakter bermain pemain yang ada, pihaknya juga tidak akan memaksakan menggunakan pola itu kepada pemain.

Pola 4-4-2 sendiri sudah mulai diterapkan pelatih berlisensi B nasional itu di kompetisi lalu. Namun banyaknya pemain yang belum familier membuat eks pemain Perkesa Mataram itu berubah haluan dengan kembali menggunakan pola 3-5-2.

“Ya kami lihat dulu. Pola 4-4-2 memang bagus. Tapi kami kan harus sesuaikan dengan kemampuan dan karakter pemain,” ucap Maman.(Harian Jogja Express/Jumali)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: