PSIM tolak tim LPI ke Divisi Utama

JOGJA—Keinginan Sekjen PSSI Tri Goestoro memasukkan tim di Kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) musim lalu ke Kompetisi Divisi Utama 2011/2012 mendatang dipastikan mendapatkan tentangan.

Salah satunya disampaikan kubu PSIM. Tim tertua di DIY itu menolak jika di kompetisi kasta kedua di tanah air dan melibatkan 47 klub itu melibatkan tim yang sempat bermain di LPI.

“Kami jelas menolak, jika nantinya tim LPI dimasukkan ke Divisi Utama,” kata Direktur Teknik PT PSIM, Dwi Irianto, Kamis (20/10).

Sebelumnya, Tri Goestoro pada 21 September lalu menegaskan jika tetap akan mengupayakan kemungkinan hukum yang bisa membuat klub LPI bermain di kompetisi.

“Mereka [eks LPI] akan bermain di Divisi Utama,” ujar Sekjen PSSI, Tri Goestoro waktu itu.

Salah satu dasar penolakan kubu PSIM mengenai masuknya tim LPI ke Divisi Utama, diakui Dwi lebih mengacu pada keputusan dari Kongres PSSI di Bali.

Saat itu, PSSI memutuskan di kompetisi 2011/2012 jumlah peserta Divisi Utama sebanyak 44 klub dengan pertimbangan dibagi menjadi 4 wilayah.

“Kami mengacu pada keputusan kongres. Tanpa adanya kongres sangat mustahil,” sambung pria yang akrab dipanggil Mbah Putih itu.

Untuk lebih mengetahui mengenai bagaimana format kompetisi di level kedua, Dwi mengaku Sabtu (22/10) mendatang bakal bertandang ke Jakarta. Diharapkan dalam pertemuan dengan pihak PSSI, didapatkan kejelasan mengenai format dan kepesertaan kompetisi.

“Hingga kini kami memang belum tahu siapa saja peserta kompetisi. Katanya 47 klub itu mana saja juga belum ada kejelasan,” tandasnya.

Sementara disinggung mengenai kebutuhan skuat tim jika dalam perkembangannya tetap menggunakan sistem empat wilayah, Dwi memastikan 24 pemain dirasa cukup untuk memperkuat skuat Laskar Mataram. Hal ini didasarkan pada pertimbangan kemungkinan 26 pertandingan yang bakal dilakoni PSIM selama satu musim kompetisi.

“Dengan pertimbangan maksimal 26 pertandingan mungkin saja pakai 24. Namun kami tetap akan memaksimalkan pemain yang ada. Dan sejauh ini kami masih mengacu pada peraturan dasar pertandingan sesuai dengan standar FIFA yakni maksimal 30 pemain. Kita lihat saja nanti aturan jumlah pemain di kompetisi Divisi Utama nantinya,” pungkasnya.(Harian Jogja)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: