PSIM Tak Berani Genjot Fisik Pemain

Yogya (KR) – Meski PSSI sempat mengumumkan bakal menggulirkan Liga Utama mulai 27 November mendatang, namun kini nasib kompetisi Level II ini kembali tak jelas. Pelatih PSIM Jogja Hanafing pun mengaku kesulitan menyusun program latihan dan tak berani menggenjot fisik pemainya, karena dikhawatirkan PSSI secara mendadak memutar kompetisi.

“Harapan kami, saat kompetisi mulai digulirkan, tim telah mencapai peak performance. Namun karena kompetisi belum jelas kapan akan dimulai, saya kesulitan menyusun program latihan agar tim sudah pada performa terbaiknya saat kompetisi digulirkan,” ungkap Hanafing saat dihubungi KR, Selasa (25/10) kemarin.

Yang bisa dilakukan saat ini, lanjut Hanafing, memberi program latihan teknik dan taktikal dengan memperbanyak uji coba. Sebab jika digenjot fisik dan tiba-tiba kompetisi diputar, maka tim tidak bisa tampil maksimal.

Mengenai penyerang asal Sriwijaya FC Muhammad Rifky yang baru saja bergabung dalam latihan, Hanafing sudah sedikit tahu pemain ini waktu masih memperkuat Persiba Balikpapan.

“Ya, saya sudah sedikit tahu tentang dia waktu masih memperkuat Persiba Balikpapan. Dia pemain pelapis, tapi akan kita lihat dulu kualitasnya sebelum ditentukan kelayakanya untuk direkrut,” ujarnya.

Hanafing hanya butuh waktu dalam seminggu ini untuk melihat kemampuan pemain yang sebelumnya sempat menjadi bintang sinetron dan bintang iklan itu. Termasuk melihat kualitas penyerang asal Persiwon Wondama, Rainhard yang sebenarnya telah satu minggu ikut latihan PSIM. Namun Hanafing belum sempat melihat kemampuanya, mengimgat dalam satu minggu lalu, ia izin tidak melatih karena tengah menjadi instruktur kursus pelatih.

“Kalau dia memang pemain berkualitas sudah bisa kelihatan dan tidak perlu lama untuk memantaunya. Mereka akan kita lihat dalam seminggu ini dan akan kami tentukan kelayakan mereka untuk direkrut,” imbuh pelatih berlisensi A AFC itu.

Sedangkan pelatih fisik PSIM Subagyo Irianto menyatakan, pihaknya harus menyesuaikan dengan jadwal kompetisi yang belum jelas untuk menentukan program latihan. Selain latihan di lapangan, pemain juga menjalani latihan di ruang fitness untuk menggarap aspek strength.

“Latihan fisik yang kami berikan sekarang bersifat umum saja,” jelasnya disela-sela memimpin latihan, kemarin pagi di Stadion Mandala Krida Jogja, bersama asisten pelatih Maman Durachman dan Fathurahman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: